Radityo Bimo Kartiko Aji
Lulusan Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung. Pekerja Sosial Profesional Tersertifikasi. Mengambil minat kajian di beberapa bidang pekerjaan sosial, antara lain: Kemiskinan, Kesehatan, Disabilitas, Industri, NAPZA, Lanjut Usia dan Koreksional.

Monolog Santai Akhir Tahun

Dokumen Pribadi

Monolog Santai Akhir Tahun. Akhir 2018 sudah di depan mata. Sudah ada banyak ornamen-ornamen natal di pasang. Sudah banyak pula pusat perbelanjaan yang memasang harga diskon dan sudah tahun ketiga saya aktif menulis melalui media blog-blog saya, sampai akhirnya tulisan-tulisan yang saya anggap cukup baik saya migrasikan menjadi satu di alamat blog ini radityo.id

Ini juga akan menjadi tulisan penutup saya tahun ini. Setelah satu tahun cukup sering menyoroti isu-isu sosial di Indonesia dan negara lain. Meskipun banyak yang akhirnya opini pemikiran saya yang tidak terpost karena dua hal. Satu, saya tidak merasa tulisan saya cukup bagus dan Dua, saya memang suka menulis dan malas merilis. Biasanya yang tidak tertulis di blog ini akan berakhir menjadi tulisan-tulisan pemikiran di buku jurnal saya, bukan untuk dibagikan ke orang lain; tetapi menjadi pengingat saya bahwa ada nilai-nilai yang saya pegang.

jurnal pribadi
Jurnal Pribadi tidak untuk dibagi

Awal tahun Alhamdulillah saya diberi kelancaran menyelesaikan Praktikum III di Kabupaten Cianjur. Saya juga senang bisa menyelesaikan amanah sebagai Koordinator Bantuan Sosial saat itu. Terima kasih yang tak terkira kepada Bu Rini, Pak Suradi, Bu Elin, Bu Irni dan seluruh rekan-rekan panitia praktikum, penanggung jawab bantuan sosial kecamatan dan seluruh rekan-rekan STKS 2014.

praktikum III
belajar Bersama melalui praktikum

Tahun ini juga saya cukup produktif membaca buku-buku baik dalam dan luar negeri. Januari sampai dengan Juli saya banyak membaca buku tentang Burnout dan teman-temannya, untuk kebutuhan skripsi saya. Alhamdulillah di Bulan Juli saya bisa menyelesaikan studi saya STKS Bandung. Hal ini tidak bisa terjadi tanpa bantuan dosen-dosen pembimbing saya, Bu Meiti Subardhini dan Bu Yana Sundayani. Yang tanpa mereka mungkin saja skripsi saya akan lama selesai.

Bulan Agustus sampai Desember ini sembari menyelesaikan beberapa pekerjaan saya juga dapat kesempatan untuk menyelesaikan beberapa buku bacaan. Favorit saya untuk tahun ini adalah Sapiens. Mungkin beberapa buku akan saya tulis reviewnya di blog ini dalam waktu dekat.

beberapa buku bacaan.

Tahun 2018 juga merubah banyak diri saya terutama mengenai pemikiran-pemikiran saya mengenai dunia dan orang-orang didalamnya. Banyak menerima ilmu baru dan belajar pengalaman dari orang-orang baru melalui diskusi sangat membantu saya pada tahun ini. Inti dari yang saya pelajari tahun ini adalah ada banyak variable atau spektrum atau perspektif dalam melihat masalah atau bahkan dalam melihat solusi. Sangat banyak, yang mungkin sampai kita tidak sanggung memahaminya, tidak sanggup menghitungnya. Karena itu kita butuh orang lain, kita butuh profesi lain. Kita bukan superman.

Monolog Santai Akhir Tahun ini juga akan saya tuliskan beberapa harapan saya di akhir tahun 2018 dan awal tahun 2019.

Semoga pengumuman yang saya tunggu-tunggu akan memberikan kabar baik.

Semoga setelah pemilihan presiden selesai, Indonesia dapat kembali seperti sedia kala. Ramah, Sopan dan bermartabat.

Semoga saya akan tetap dapat menulis rutin setidaknya sekali dalam sebulan.

Seandainya saya merangkum tahun 2018 dalam satu kalimat, mungkin kalimat yang cocok adalah bahwa “Proses tidak akan mengkhianati hasil. Bila proses mu mengkhianati hasil mu, berarti kamu belum mencoba cukup keras.”

Terima kasih banyak 2018 untuk semuanya.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *